Membuat plugin wordpress sederhana
Membuat plugin wordpress sederhana
Membuat plugin wordpress sederhana

Membuat plugin wordpress sederhana – Plugin pada WordPress memang memegang peranan sangat penting. Bukan Cuma menyediakan banyak fitur sangat menarik untuk website WordPress, namun fitur yang dipasang pun telah terpisah dengan sistem coding pada website utama. Sehingga website WordPress bisa tetap berjalan sangat baik bila sewaktu-waktu plugin ada kesalahan. Jika anda masih belum berpengalaman, tidak ada salahnya mencoba dengan langkah langkah berikut ini.

Langkah 1: Membuat Folder Plugin

Untuk tahap pertama yang harus anda lakukan jika anda ingin membuat plugin ialah dengan membuat folder. Dengan folder ini, anda bisa menyimpan seluruh file dari plugin buatan anda. Akan tetapi, jangan lupa membuat nama folder yang unik supaya tidak terbalik terhadap plugin lainnya.

1. Pertama akses hosting anda dengan memakai FileZilla.

2. Selanjutnya akses folder wp-content >plugins.

3. Buatlah folder baru bernama plugin-pertamaku.

Apabila Anda mau membuat plugin menggunakan beberapa file CSS, maka Anda harus membuat folder menggunakan nama CSS dalam folder plugin buatan anda. Hal ini juga sama dengan JavaScript. Jika anda membuat Folder JavaScript maka harus dibuat pada folder plugin dengan nama JavaScript.

Langkah 2: Buat File Pertama

Sangat penting membuat file pertama untuk kebutuhan plugin. Hal ini karena didalamnya berisi seluruh informasi paling dibutuhkan oleh WordPress dalam menampilkan plugin pada daftar. Anda pun bisa mengaktifkan plugin tersebut melalui dashboard WordPress.

Langkah 3: Buat Function Plugin

Sementara cara terbaik saat anda membuat plugin ialah dengan memisahkan kode di dalam file serta folder yang sesuai dengan kode tersebut.

Langkah 4: Buat Halaman Admin Baru

Selanjutnya ialah membuat halaman plugin guna menampilkan halaman saat link pada menu admin diklik. Jadi, buka kembali menu subfloder includes serta buatlah file PHP baru bernama pp-halaman-pertama-daw.php. Lalu anda bisa meletakkan kode ke dalam file yang sudah anda siapkan.

Langkah 5: Lakukan Pengecekan

Ketika anda berada dilangkah ini, tentunya proses pembuatan plugin WordPress telah selesai dilakukan. Anda bisa mulai mengakses halaman Plugins pada dashboard WordPress, lalu aktifkan plugin yang sudah Anda buat tadi.

Membuat plugin wordpress sederhana

Selanjutnya silakan klik menu di sebelah kiri menggunakan nama Plugin Pertamaku.

Apabila langkah langkah yang anda lakukan sudah berhasil dan menampilkan halaman plugin, ini artinya Anda sudah bisa memulai langkah pertama membuat plugin WordPress menggunakan fitur lengkap. Gunakan langkah Membuat plugin wordpress sederhana diatas secara sempurna. Selamat mencoba.

145    Wordpress  
Total 1 Votes:
0

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*

Back To Top