Membuat Agenda Task Board Online Spreadsheet
Photo-Mix / Pixabay

Membuat Agenda Task Board Online – Tutorial kali ini kita akan membuat pencatatan agenda tugas project bisnis. Istilah yang sering di pakai adalah Task Board. Untuk menghindari gagal paham baiknya Kita pelajari dulu arti fungsi Task Board . Task Board atau Papan Tugas adalah alat bantu yang di buat untuk keperluan Personal, Tim atau Organisasi untuk mengatur pekerjaan. Isi Task Board mulai dari Catatan Tugas – Sedang Di kerjakan – Di selesaikan – atau bisa pakai kata lainya. Intinya papan tersebut mencatat kegiatan sedang berlangsung, mengerjakan, menyelesaikan dan tugas mendatang dengan metode pencatatan yang di simpan.

Task Board atau kanban board biasanya di wakili kartu atau kertas kotak berisi catatan,  Kita letakan di kolom yang di buat dan dapat di pindahkan. Kelengkapan dalam metode kolom bisa beda – beda, Anda bisa membuat label sendiri. Dengan adanya alat bantu ini akan lebih mudah melihat progress dan tugas mana yang di prioritaskan sesuai kebutuhan.

Task Board dalam penggunaanya sangat luas dan flexible. Banyak profesional tim maupun perorangan menggunakan metode ini. Industri bisnispun tidak luput menggunakan task board untuk bekerja secara tim. Bagi Anda yang saat ini punya tim atau sedang membuat project bisnis,  maka sangat cocok  menggunakan Task Board.

Berikut sebagian manfaat menggunakan Task Board dalam project bisnis :

1. Melacak alur tugas yang di kerjakan.
2. Jadwal tugas Anda
3. Sharing informasi tugas
4. Menggambarkan kendala dalam pekerjaan
5. Sebagai perencana antisipasi dalam produksi
6. Meningkatkan efektifitas
7. Sebagai Pengingat Deadline atau waktu yang di tentukan
8. Mengurangi stress

Membuat Agenda Task Board online

Task Board ini akan bertindak sebagai point center dalam pekerjaan Anda. Tugas yang Anda kerjakan akan terpantau,  dengan catatan setiap melakukan pekerjaan di catat atau memindah ke kolom tugas sesuai label. Jumlah Label dalam task board umumnya simple di buat dengan tiga kolom ‘To Do,’ ‘Doing,’ and ‘Done’. Istilah ini bisa di ganti dengan konsep berbeda sesuai bahasa Indonesia . Contoh To Do = TUGAS Doing = Berlangsung/Dikerjakan Done = Selesai.

Task Board Manual

Papan ini bisa di buat dengan papan apa saja. Setelah papan bisa di lapisi dengan bahan karpet wol atau lainnya yang berfungsi bisa di pindahkan. Gunakan kertas kotak untuk menulis aktivitas yang di lakukan. Buat fleksible mungkin agar kartu/kertas tugas Anda bisa berpindah antar label sampai menju DONE/Selesai. Kekurangan menggunakan manual adalah Kita tidak bisa menggunakan untuk bekerja Tim remot jarak jauh. Dengan papan manual ini Tim atau rekan kerja akan susah memantau project yang di lakukan.

Task Board Elektronik / Online

Papan ini mempunyai fungsi yang sama dengan manual. Kelebihannya pasti semua sudah tahu. Iya dengan E-Task Board sangat flexible buat kerja tim jarak jauh. Tinggal buka Laptop/PC bahkan mobile bisa memantau tugas dan jadwal pekerjaan Kita.

Membuat Agenda task board online

Kenapa Membuat Agenda task board online menggunakan Spreadsheet? Iya aplikasi google spreadsheet ini sangat mudah dan gratis di pakai. Hanya meggunakan fitur sederhana dan formula bisa menggantikan aplikasi yang mahal. Mungkin sudah ada aplikasi lainnya yang gratis tapi penulis mengajak Kita agar kreatif dalam membuat sesuatu.

Berikut Caranya…

1. Buka akun google doc Anda.
2. Buka Spreadsheet pada kolom judul bisa di ketik sesuai kebutuhan
3. Buat Tabel 4/5 kolom
4. Buat Label tiap header Kolom Todo List, Do today, IN Progress, DONE dan Status
5. Pada Kolom terakhir masing2 label Ketik Total
6. Gunakan rumus contoh =COUNTIF(F3:F9;”X”)
Keterangan unnutk F3:F9 itu artinya menghitung dari Kolom F3 sampai F9
Sedangkan X akan berfungsi sebagai rumus menghitung jumlah tugas bisa di singkat sebagai berikut :
TL = Todo List
DT= Do Today
In Progress : IP
Done = D

Untuk lebih jelasnya Simak video Berikut :

 

Kesimpulan :

Task Board adalah Papan Tugas untuk mempermudah dalam pekerjaan Kita. Dengan alat atau aplikasi ini semua project, tenggat waktu progress dan penyelesain bisa terkontrol dalam satu frame project.

 

153    Marketing Online  
Total 1 Votes:
0

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*

Back To Top